Tragedi Kemanusiaan

Muslimat NU se-Indonesia Kirim Bantuan untuk Rohingya


KAPAL KEMANUSIAAN: Dua pengurus PP Muslimat NU bersama Ketum Hj Khofifah IP menuruni kapal kemanusiaan yang membawa 2.000 ton beras ke Rohingya. | Foto: MNU Online

MNU Online | SURABAYA – Ada pemandangan berbeda saat Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar Parawansa MSi melepas kapal kemanusiaan yang membawa 2.000 ton beras ke Rohingya di Terminal Petikemas Surabaya (TPS), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/9).

Sejak seremonial pelepasan di aula gedung TPS, terlihat beberapa pengurus PP Muslimat NU. Mereka yakni Dewan Penasihat Nyai Hj Machfudhoh Aly Ubaid, Ketua I Dr Hj Sri Mulyati MA, Sekretaris Umum drg Hj Ulfah Mashfufah MKes, Bendahara Umum Dra Hj Andi Nurhiyari Jamaro MSi, serta Sekretaris VII Hj Asna Nelli A Wahid.

Rupanya, kehadiran mereka ini bagian dari partisipasi Muslimat NU di lapangan atas bantuan kemanusiaan ke Rohingya yang dikoordinatori Aksi Cepat Tanggap (ACT). Selain pengurus PP, turut mendampingi Ketua PC Muslimat NU Surabaya, Dra Nyai Hj Lilik Fadlilah MPdi.

(Baca: Beri Penguatan, Muslimat NU Sulsel Sambangi Pengungsi Rohingya di Makassar)

“Muslimat NU sebetulnya sudah beberapa kali kerja bareng di lapangan bersama ACT, begitu pula dengan Yayasan Khadijah Surabaya,” terang Khofifah usai pelepasan.

Selain partisipasi di lapangan, Muslimat NU juga menyalurkan beragam bantuan, termasuk beras di bawah kordinasi ACT. Bahkan hingga kini Muslimat NU terus mengumpulan donasi dan sedekah untuk Rohingya lewat partisipasi pimpinan wilayah (PW) dan cabang (PC) se-Indonesia.


TURUN KE LAPANGAN: Pengurus PP Muslimat NU hadir di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, menyaksikan pelepasan kapal kemanusiaan yang mengangkut 2.000 ton beras ke Rogingya. | Foto: MNU Online

Setiap hari, di grup-grup WA Muslimat NU, komunikasi transfer uang yang dikoordinasi PP Muslimat NU terus mengalir. Jumlah pun variatif, ada yang hingga puluhan juta rupiah dari beberapa pimpinan cabang (PC).

(Baca: Peduli Sosial, Muslimat NU Surabaya Santuni Korban Kebakaran)

Sejak menerima imbauan dari pusat, PW maupun PC se-Indonesia memang langsung bergerak cepat melakukan penggalangan dana. Begitu pula dengan perangkat organisasi Muslimat NU.

“Kami ingin membantu saudara kita sesama umat menusia yang berhak mendapatkan perlindungan dan hidup dimanapun mereka berada,” kata Sekretaris PW Muslimat NU Jawa Timur, Mariyam Baharuddin SH.• nur

Baca juga

JANGAN BERHENTI DI LEVEL GUBERNUR: KH Said Aqil Siroj, kader-kader terbaik NU harus menjadi penentu kebijakan nasional. | Foto: MNU Online

Ketum PBNU: Sukses Kader Terbaik NU Jangan Berhenti di Level Gubernur

MNU Online | JAKARTA – Ketua Umum PBNU, Prof Dr KH Said Aqil Siroj MA …

Watch Dragon ball super