Muslimat NU Selenggarakan Harlah dengan Diskusi Reproduksi

MNU Online | SUKOHARJO – Dalam memperingati hari lahir ke 66, Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan diskusi tentang perempuan dan reproduksi, di Auditorium Kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Bantara Sukoharjo, belum lama ini.

Peringatan harlah dihadiri sekitar 300 kader Muslimat kecamatan, desa dan kelurahan. Tampil sebagai narasumber diskusi dr Suryono, dari Rumah Sakit dr Oen Solo Baru.

Sebelum diskusi, puluhan anggota Muslimat mengikuti bakti sosial Keluarga Berencana (KB), yang didukung oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM Univet) dan unit Pelayanan Perempuan Keluarga Berencana Kabupaten Sukoharjo.

Ketua Muslimat NU Sukoharjo, Hj Istiqomah kepada NU Online menjelaskan, Muslimat erat kaitannya dengan persoalan perempuan dan reproduksi. “Kita berharap kepada perempuan-perempuan Sukoharjo, untuk memahami lebih mendalam terkait reproduksi,” katanya.

Ketika disinggung tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Sukoharjo, tidak tergolong tinggi. Penyebab KDRT biasanya tak jauh dari persoalan ekonomi, perselingkuhan, dan gaya hidup. “KDRT di Sukoharjo masih tergolong rendah,” katanya.

Walaupun tak tergolong banyak, namun kasus KDRT ibaratnya adalah gunung es, artinya yang nampak dipermukaan hanya sedikit, tapi nyatanya di lapangan masih banyak kekerasan menimpa kaum perempuan dan anak. Soalnya kasus KDRT masih dianggap urusan pribadi dan  bukan persoalan publik, tabu dan lain sebagainya.

Dalam acara itu hadir diantaranya, Ketua PCNU Sukoharjo, HM Nagib Sutarno, Rektor Univet Prof dr Hardoyo, MKes, dan Ketua Penggerak PKK Sukoharjo, Ety Wardoyo. “Mumpung ini gratisan maka saya ikut KB, saya merasa berterima kasih dengan ibu ibu Muslimat NU),” katanya. ♦ mil/nuol

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super