Home » WARTA »


Muslimat Sebar Hewan Kurban ke Daerah Tertinggal

kurban-muslimat-nu-3JAKARTA-Menyembelih binatang kurban pada hari raya Idul Adha mengandung dua nilai, yakni kesalehan spiritual dan kesalehan sosial. Karena itulah, pada Idul Adha tahun ini, Muslimat NU kembali menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat kurang mampu dengan membagikan daging kurban.

Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, kesalehan spiritual berarti dengan berkurban, umat Islam telah melaksanakan perintah Allah. “Kurban dikatakan sebagai kesalehan sosial karena selain sebagai ritual keagamaan, kurban juga mempunyai dimensi kemanusiaan,” jelas Khofifah pada acara pembagian hewan di depan kantor PP Muslimat, Jl Pengadegan Timur Raya, Jakarta Selatan, Selasa (8/11).


Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Kepala BKKBN era Gus Dur ini menambahkan, bentuk solidaritas kemanusiaan dalam Idul Adha termanifestasikan secara jelas dalam pembagian daging kurban. Perintah kurban bagi yang mampu menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang sangat peduli terhadap masalah kemanusiaan.

“Kurban dapat mempertebal rasa kemanusiaan, mengasah kepekaan terhadap masalah-masalah sosial, mengajarkan sikap saling menyayangi terhadap sesama,” jelasnya.

Muslimat, kata Khofifah, akan terus berupaya memberikan yang terbaik kepada masyarakat untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. “Semua yang hadir di sini jangan khawatir, semua yang hadir di sini dapat daging,” kata Khofifah ratusan orang yang mengantri mendapatkan daging di depan kantor Muslimat.

Dikatakannya, selain masyarakat kurang mampu, PP Muslimat NU juga memberikan daging kurban kepada anak-anak-anak jalanan di Jakarta. “Tiap tahun memang Muslimat selalu membagikan daging kurban kepada anjal (anak jalanan),” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Muslimat NU, Nur Hayati Said Aqil Siroj mengatakan, pada tahun ini PP Muslimat NU menggelar penyembelihan kurban di banyak titik, tidak hanya di Jakarta tapi juga di sejumlah daerah yang tertinggal. “Hewan-hewan kurban ini mitra Muslimat NU,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, PP Muslimat NU menyebar hewan kurban ke beberapa daerah, yaitu Aceh, Papua,
Jeneponto Sulawesi Selatan, Maluku utara, NTT, Kalimantan Tengah, Medan dan Banten. Untuk Jakarta, penyembelihan hewan kurban dilakukan di kantor PP Muslimat NU, dan Pusdiklat PP Muslimat di Pondom Cabe, Jakarta Selatan.mil

Baca juga

Khofifah: Jangan Biarkan Investasi Akhirat Tergerus Lewat Handphone

MNU Online | TANGSEL – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super