Home » WARTA »


Muslimat Sosialisasikan Desa Siaga di Sumsel

pelantikan-muslimat-sulselMuslimat NU Sumsel kini sedang fokus menjalankan program Desa Siaga dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kabupaten OKI dan Banyuasin. Program tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan kesehatan, terutama untuk masyarakat yang tinggal di pelosok pedesaan.

Ketua umum PP Muslimat NU Dr Hj Khofifah Indar Parawansa usai melantik pengurus Muslimat NU Sumsel Periode 2010-2015, Rabu (26/4) mengaku optimis, program tersebut dapat dijalankan dengan baik. Pasalnya, Muslimat mempunyai jaringan dan kader bawah langsung menyentuh masyarakat pedesaan di berbagai daerah.

“Melalui Pos Kesehatan Desa dapat membantu masyarakat. Karena tidak semua Puskesmas memiliki ruang inap, tenaga medis dan lain-lainnya,” katanya.


Mantan menteri pemberdayaan perempuan di era Gus Dur ini, mengatakan, program unggulan tersebut bisa dijalankan melalui pesantren dan Madrasah (sekolah) untuk membantu

meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya yang jauh dari pusat layanan kesehatan, seperti Puskesmas, terlebih lagi rumah sakit.

Dikatakan, Muslimat NU kini mempunyai 78 rumah sakit dan klinik bersalin (RSB) yang tersebar di berbagai daerah, termasuk di Sumsel. Selain itu, ada 103 panti asuhan, 9.800 Tempat Pengajian Anak-anak (TPA), 13.450 Tempat Pengajian Quran (TPQ).

Dismaping itu ada juga 1.500 tempat belajar masyarakat (PKBM) serta 4.600 tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang semua diperkuat 6000 juru dakwah dengan 12 juta anggota. Dengan kegiatan dan potensi ini, maka target masyarakat sehat dan Indonesia sehat akan tercapai. Namun diakui, dalam membangun masyarakat yang sehat juga perlu dibangun aspek psikologis melalui prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).mil/tribunnews.com

Baca juga

BERPULANG: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim wafat) di Jakarta, Kamis (8/3). | Foto: NU Online

Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, Mantan Ketum PP Muslimat NU Wafat

MNU Online | JAKARTA – Tepat di Hari Perempuan Internasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat …

Watch Dragon ball super