Kerjasama Muslimat NU-Kemendes

Panen Budidaya Hidroponik, Ibu-ibu Muslimat NU DKI Tak Perlu Lagi ke Pasar


PANEN: Salah seorang ibu warga Muslimat NU DKI Jakarta memanen budidaya hidroponik hasil pelatihan di BBPLM Kemendes. | Foto: PWMNU DKI Jakarta

MNU Online | JAKARTA – 30 kader PW Muslimat NU DKI Jakarta tak bisa menyembunyikan kegembiraannya saat melihat hasil panen budidaya hidroponik.

“Hasilnya bagus. Bayam dan kangkungnya empuk. Saya coba biarkan dua hari nggak kuning. Biasanya kalau yang ditanam di tanah lebih keras dan nggak bisa disimpan sampe dua hari, kuning dan rusak,” tutur Sekretaris PW Muslimat NU DKI Jakarta, Hj Yayah Ruchyati menirukan testimoni ibu-ibu, Kamis (15/6).

Proses pemanenan tersebut dilakukan setelah menunggu usia tanaman sekitar tiga minggu, sejak ke-30 kader Muslimat NU DKI Jakarta tersebut mengikuti pelatihan hidroponik di Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat (BBPLM) Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi (Kemendes) di Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, 22-26 Mei.

(Baca: Dari Masjid Sunda Kelapa, Muslimat NU DKI Salurkan 7 Ribu Bibit Cabai)

Atas sukses ini, Yayah berharap Kemendes melalui BBPLM agar mengadakan pelatihan serupa di angkatan kedua karena ibu-ibu sangat senang dan tidak perlu lagi ke pasar untuk memenuhi kebutuhan sayuran.

Sebelumnya Ketua PW Muslimat NU DKI, Nyai Hj Hizbiyah Rochim sewaktu hadir di pembukaan pelatihan, mengharapkan ibu-ibu Muslimat NU memiliki keterampilan menanam dengan metode Hidroponik.

“Agar dapat hidup lebih sehat dengan mengkonsumsi hasil dari menanam sendiri, tanpa memakai pupuk pestisida,” tandasnya.• nur

Baca juga

BERPULANG: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim wafat) di Jakarta, Kamis (8/3). | Foto: NU Online

Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, Mantan Ketum PP Muslimat NU Wafat

MNU Online | JAKARTA – Tepat di Hari Perempuan Internasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat …

Watch Dragon ball super