PC Muslimat NU Depok Harus Kembangkan Ekonomi Rakyat

mnu-depok

MNU Online | DEPOK -Keberadaan Pengurus Cabang Muslimat NU Kota Depok memiliki peran fital dan sangat penting dalam masyarakat. Selain membina pendidikan dan moral, banyak hal lain yang harus dilakukan PC Muslimat NU Depok.

Salah satu pekerjaan yang belum tergarap maksimal adalah masalah pemberdayaan ekonomi masyarakat. Keberadaan koperasi Aisyah yang dimiliki PC Muslimat NU Depok pun belum bisa berjalan maksimal. “Ini adalah ‘PR’ besar buat pengurus PC Muslimat NU Depok yang baru terbentuk,” kata Hj Dedeh Rosyidah atau Mamah Dedeh di sela acara pelantikan PC Muslimat NU Kota Depok 2010-2015 di Pesantren Al-Jihad, Cilodong, Rabu (5/1).

Mamah Dedeh mengatakan, sebagai organisasi yang berbasis ahlussunah wal jamaah, organisasi juga perlu memperhatikan masalah ekonomi yang dikelola secara baik dan dapat memberikan kemaslahatan bagi umat.

“Koperasi Aisyah merupakan badan usaha yang haru diberdayakan. Selama ini, PC Muslimat aktif bergerak dalam bidang social, pendidikan seperti Majlis Taklim, PAUD dll. Kini masalah ekonomi harus lebih diberdayakan,” tegasnya.

Ketua PC Muslimat NU Kota Depok Hj. Dewi Syarifah mengaku pihaknya akan meneruskan pekerjaan dan program yang belum terselesaikan pada masa periode selanjutnya. “Kita akan lanjutkan pekerjaan yang belum selesai. Khususnya untuk pengembangan perekonomian rakyat seperti koperasi dan lainnya.”

Ketua PW Muslimat NU Jawa Barat Hj Ella Giri Komala menambahkan, saat ini pihaknya gencar menggalakkan pengembangan ekonomi kerakyatan. Diantaranya, dengan membuat koperasi dan unit usaha lainnya. Sampai saat ini, pihaknya telah memiliki 19 koperasi yang memiliki izin usaha.

Selebihnya, masih ada 6 koperasi yang belum memiliki izin usaha dan tersebar di seluruh Jabar. “Kita saat ini sedang menggalakkan pemberdayaan ekonomi melalui koperasi yang telah memiliki 26 koperasi dengan 19 diantaranya sudah memiliki izin usaha,” tuturnya.

Dikatakan, Muslimat di bawah kepemimpinan Mamah Dedeh telah go public. Untuk itu, lanjutnya, diharapkan dapat lebih baik dan memberikan manfaat secara real bagi masyarakat secara umum.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Yuyun Wirasaputra berharap agar PC Muslimat NU kota Depok dapat berperan sebagai agen Pembina moral dan pendidikan bagi masyarakat. Untuk itu, dirinya berharap agar ormas yang kebanyakan dari kalangan Ibu-ibu ini dapat bermitra dengan pemerintah, agar dalam menjalankan roda organisasi dapat berjalan dengan baik.

“Saya berharap, PC Muslimat NU Depok dapat bermitra dengan pemerintah dalam upaya pembinaan moral dan pendidikan. Selama ini, keberadaan Muslimat sangat aktif dalam kegiatan dan  memiliki peran yang berarti bagi masyarakat,”ujar suami Ketua PC Muslimat NU Depok ini.

Dalam acara tersebut, selain dari pengurus Muslimat Depok juga hadir jajaran PC NU Kota Depok seperti: KH. Syihabudin Ahmad (Ketua syuriah), Ust. R. Salamun Adiningrat (Sekretaris Tanfidziyah). Serta tokoh masyarakat dan pucuk pimpinan PW Muslimat NU Jawa Barat.♦ mil

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super