Peduli Lansia, Muslimat NU Jember Sosialisasi Hidup Sehat di Usia Senja

 HIDUP SEHAT: Dra Hj Emi Kusminarni (kanan) mengukur tekanan darahnya dalam acara sosialisasi Hidup Sehat di Usia. | Foto: PCMNU Jember

HIDUP SEHAT: Dra Hj Emi Kusminarni (kanan) mengukur tekanan darahnya dalam acara sosialisasi Hidup Sehat di Usia. | Foto: PCMNU Jember

MNU Online | JEMBER – Dengan senyum ramah, Ketua PC Muslimat NU Jember Dra Hj Emi Kusminarni mempersilakan petugas meletakkan tensi meter di lengan kanannya untuk mengukur tekanan darah.

Langkah Emi diikuti pengurus PC lainnya, disusul puluhan lansia yang mengikuti acara sosialisasi Hidup Sehat di Usia Senja di Aula Lansia Gedung Muslimat NU Jember di Jalan KH Sidiq Talangsari, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Jumat (2/12).

“Acara rutin ini dalam upaya turut meningkatkan kesehatan masyarakat di usia senja atau lansia yang diikuti 50 orang anggota Muslimat NU dan masyarakat sekitar,” terang Emi.

Kegiatan diawali dengan istighotsah, dilanjutkan dengan cek kesehatan, tensi darah, timbang berat badan, sosialisasi Hidup Sehat di Usia Senja oleh Kepala Puskesmas Jember Kidul, dr Apsari dan diakhiri dengan pemberian doorprize berupa paket sembako.

(Baca: Muslimat NU Jember Gelar ToT Bahaya Penyakit Tak Menular)

Emi berharap kegiatan ini terus berlangsung,  selain untuk menjaga kesehatan juga menjalin silaturahim antara anggota dengan lansia di sekitar kantor Muslimat NU.

Ke depan, katanya, selain cek kesehatan akan ditambah dengan senam lansia, rekreasi bersama serta membuat kebun sayur hidroponik.

Sementara itu dalam paparannya, dr Apsari menyampaikan bahwa setiap keluarga harus menjaga keluargnya agar sehat lahir batin, sehat sosial serta sehat ekonomi.

“Dalam hal ini kaum ibu-lah yang punya peran penting dalam penjagaan kesehatan keluarga,” katanya.

Sedangkan untuk sehat batin, lanjut Apsari, menjadi tugas Muslimat NU untuk mengisinya dengan mendampingi para lansia lewat siraman rohani atau pengajian.• nur

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super