Usai Dilantik, Pengurus Muslimat NU Karimun Sinergi dengan Pemda

logo-muslimat-nu-hijau

MNU Online | KARIMUN – Nyimas Novi Ujiani secara resmi dilantik menjadi Ketua Pengurus Muslimat Nadhlatul Ulama (NU) Kabupaten Karimun periode 2013-2018 oleh pengurus Muslimat NU Provinsi Kepri yang diwakili Anibalya di Gedung Nasional, Selasa, 19 Februari 2013.

Usai dilantik, Novi bertekad akan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun Karimun di berbagai bidang diantaranya pendidikan, kesehatan, sosial dan bidang agama.

Di bidang pendidikan, Muslimat NU bersinergi dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sinar Bangsa yang bergerak dalam keaksaraan fungsional, keaksaraan usaha mandiri dan kewirausahaan.

“Saat ini, pembelajaran buta huruf tidak saja pada pemberantasan aksara latin tapi juga aksara Al Quran,” kata wanita yang biasa disapa Novi Sabari ini.

Menurutnya, bagi masyarakat yang telah mengenal huruf dan angka atau yang mengantongi surat keterangan melek aksara (Sukma), maka mereka mulai diajarkan berbagai keterampilan keluarga seperti menjahit, membuat makanan dan home industri lainnya, agar bisa membantu perekonomian keluarga.

“Khusus ibu-ibu yang telah mengenal huruf dan angka, maka kami berikan pelatihan keterampilan menjahit yang dibantu oleh tutor-tutor berpengalaman. Peserta yang mengikuti pelatihan menjahit tersebut tidak dipungut bayaran alias gratis karena biayanya telah ditanggung pemerintah pusat melalui dana blockgrant,” terangnya.

Selain itu, ada juga pembentukan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) dan kelompok bermain Muslimat NU yang terletak di Kecamatan Meral. Di bidang ekonomi, Muslimat NU telah membentuk koperasi dengan nama Koperasi Annisa yang berbasis syariah dan sudah berbadan hukum.

Di bidang agama, telah dibentuk Himpunan Haji Muslimat NU, kegiatan itu bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag)  dalam pelayanan pra manasik haji.

“Kami juga telah membentuk Himpunan Dakwah Muslimat NU, sasaran programnya dapat memberikan pendidikan dan syiar dakwah di setiap majelis taklim baik di tingkat RT, RW dan syiar dakwah lainnya,” kata Novi.

Untuk menjalankan semua program Pengurus Muslimat NU Karimun tersebut, kata Novi, maka pihaknya langsung melantik 54 pengurus di kelurahan dan desa yang ada di lima kecamatan di Karimun yakni Kecamatan Meral, Meral Barat, Tebing, Karimun dan Kecamatan Kundur Barat.

“Mudah-mudahan, semua program itu berjalan dengan lancar serta ikut membangun Karimun dengan elemen lainnya,” tandas Novi. ♦ hri

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super