Pelatihan Koperasi

Pengurus Primkopan se-Jateng Digembleng Soal Manajemen Koperasi


PELATIHAN: Nyai Hj Siti Aniroh (berdiri) memberi pemaparan pada pelatihan manajemen organisasi dan pengelolaan koperasi di Semarang, Rabu (13/10). | Foto: MNU Online

MNU Online | SEMARANG – 36 peserta dari perwakilan pengurus Primer Koperasi An-Nisa (Primkopan) se-Jawa Tengah mengikuti pelatihan Manajemen Organisasi dan Pengelolaan Koperasi di Hotel Pandanaran, Semarang, 10-13 Oktober.

Kegiatan hasil kerjasama Muslimat NU dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) ini dibuka Asisten Deputi Peningkatan Kualitas SDM Perkoperasian Kemenkop dan UKM, Drs Talkah Badrus MM.

Sementara narasumber pelatihan yang dihadirkan dari Kemenkop UMKM, Dinas Koperasi UMKM Jateng, Lapenkopwil Jateng, Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Muslimat NU serta Puskopan Jateng.

(Baca: RATTB 2015 Inkopan, Khofifah Ajak Pedagang Muslimat NU Bangkit)

“Ini pure pengurus Primkopan yang ikut pelatihan, bukan pengurus Muslimat NU. Mereka sangat antusias. Kuota (peserta) dari Kemenkop UKM sebenarnya kan hanya 30, tapi yang ikut 36. Itupun belum semua karena di Jateng ada 38 cabang,” terang Ketua I Inkopan Muslimat NU, Dra Nyai Hj Siti Aniroh Slamet Effendy, Rabu (11/10).

Pelatihan ini, lanjut Siti Aniroh,  sangat bermanfaat bagi pengurus koperasi agar mereka bisa bekerja lebih profesional. “Masih banyak pengurus yang menjalankan koperasi secara alami, apa yang dia tahu ya itu yang dijalankan,” katanya.

“Dengan mengikuti pelatihan ini, maka mereka akan menjadi tahu bagaimana mengurus koperasi yang baik dan benar. Ini saya tunggui sampai Jumat (penutupan).”

(Baca: Muslimat NU Gencar Siapkan Kube Jadi Koperasi Berbadan Hukum)

Perempuan yang juga Ketua IV PP Muslimat NU itu menandaskan, rencananya pelatihan ini akan begerak ke seluruh Indonesia. Setelah Jawa Tengah akan dilanjutkan ke Jawa Timur.

“Tapi soal materi tergentung kebutuhan di wilayah masing-masing. Kalau di Jatim kan sudah luar biasa itu Puskop maupun premiernya, maka materinya bisa akuntansi dan seterusnya,” jelasnya.

Sembilan Materi


ANTUSIAS: Peserta pelatihan manajemen organisasi dan pengelolaan koperasi dari pengurus Primkopan se-Jateng antusias mengikuti acara. | Foto: MNU Online

Sementara itu, ada tujuh materi pelatihan dari sisi koperasi dan UKM. Pertama, pengenalan kebijakan pemberdayaan koperasi dan UKM di Jateng. Kedua, perkoperasian. Ketiga, tata kelola manajemen organisasi koperasi dan kelola usaha koperasi.

Keempat, mengenal dan membaca laporan keuangan. Kelima, akuntansi koperasi dan pembagian SHU koperasi. Keenam, pelaksanaan rapat anggota koperasi. Ketujuh, anti tindak kriminal pencucian uang.

(Baca: Kemenkop UKM: Digarap dengan Benar, Inkopan Bisa Jadi Kekuatan Besar)

Sedangkan dua materi pelatihan dari sisi Muslimat NU, yakni kemuslimatan dan upaya Muslimat NU dalam mewujudkan da’wah bil mal yang disampaikan Siti Aniroh. Serta materi organisasi kekoperasian An-Nisa yang disampaikan Ketua Puskopan Jateng, Hj Muntama MM MPd.• novia rifada

Baca juga

MUSLIMAT NU-SABYAN GAMBUS: Khofifah (kiri) dan Nissa Sabyan, sore ini luncurkan lomba shalawat online. | Foto: MNU Online/IST

Bersama Sabyan Gambus, Muslimat NU Gelar Lomba Shalawat Online

MNU Online | SURABAYA – Minggu (4/11) sore ini, Muslimat NU meluncurkan lomba shalawat online …

Watch Dragon ball super