Peringatan untuk Bapak, Jangan Biarkan Anak Merasa Hidup di ‘Negeri Yatim’

ponorogo-4

TUGAS BERSAMA: Khofifah ingatkan mendidik, membimbing dan mengasuh anak bukan hanya tugas ibu. | Foto: MNU Online

MNU Online | PONOROGO – Ini peringatan bagi para bapak yang kelewat atau merasa sibuk tanpa memikirkan pertumbuhan dan kehidupan buah hati. Dari berbagai riset yang dilakukan, ternyata anak-anak Indonesia menyebut dirinya: We are fatherless country.

Istilah ini merupakan keadaan dari suatu negeri yang ditandai dengan gejala dari masyarakatnya, berupa kecenderungan tidak adanya peran serta keterlibatan figur ayah secara signifikan dan hangat dalam kehidupan sehari-hari seorang anak di rumah.

“Anak-anak di Indonesia ini terbesar kedua yang merasa ayahnya tidak hadir,” kata Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Harlah ke-70 Muslimat NU dan pelantikan bersama pengurus PC Muslimat NU se-Korda Madiun di Pendopo Kabupaten Ponorogo, Minggu (29/5).

Seolah-olah, lanjut Khofifah, mendidik, membimbing atau mengasuh hanya tugas ibu. “Padahal kalau kita sama-sama membuka surat Luqman akan ketemu di Ayat 17: Yaa bunaiya, aqimi sholat (Wahai anakku, dirikanlah shalat). Menurut Al Qur’an ini tugas bapak,” paparnya.

Karena itu, kesibukan bukan alasan untuk melupakan tugas mendidik, membimbing maupun mengasuh anak.

“Apa sih sekarang yang nggak jadi alasan sibuk. Berlama-lama di depan televisi dan gadget juga sibuk. Lho, Al Qur’an itu mengajarkan: Wa mur bil ma’ruf wan ha ‘anil munkar (Berbuat baiklah dan cegahlah kemungkaran). Ini PR kita bersama,” katanya.

Khofifah mengajak merangkai kembali untuk mewujudkan Indonesia sejahtera. “Itu dimulai dari keluarga masing-masing, termasuk sopan santun anak-anak. PR-PR kita seperti ini, saya mohon di Muslimat NU jangan sampai berhenti,” pintanya. ♦ nur

Baca juga

SILATURAHIM PP MUSLIMAT NU-WAPRES: Silaturahim Pengurus PP Muslimat NU dengan Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (13/7). | Foto: MNU Online

Temui Wapres JK, Khofifah Sampaikan Keberhasilan Muslimat NU di Pilkada

MNU Online | JAKARTA – Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar …

Watch Dragon ball super