Play Group dan TK Muslimat NU Blitar Kembangkan Joy Full Learning

foto-tk-muslimat-blitar

MNU Online | BLITAR – Anak usia dini adalah masa emas fase kehidupan manusia. Di masa-masa ini anak dapat tumbuh dan berkembang secara positif dan juga sebaliknya. Proses pertumbuhan, pendidikan dan pengembangan anak usia dini harus mengedepankan sisi unik yang ada pada diri anak. Belajar penuh kegembiraan dan belajar melalui bermain (play and learn) adalah salah satu metode yang dikembangkan oleh Play Group dan TK Al-Hidayah 2 Muslimat Blitar.

Metode belajar yang dikembangkan oleh Play Group dan TK Al-Hidayah 2 di desa Bakung Kecamatan Udanawu Blitar ini adalah metode joy full learning. Dalam metode ini sistem pembelajaran disetting dan diupayakan sedemikian rupa agar tercipta suatu komunitas belajar yang menyenangkan bagi anak.

“Dalam kondisi senang, anak-anak didik diharapkan memiliki daya kreatifitas dan inovasi yang tinggi khususnya dalam menggunakan berbagai media belajar dan sarana belajar. Metode ini juga mengoptimalkan sistem belajar dari pengalaman” tutur Eriyanti, Kepala Play Group dan TK Al-Hidayah 2 Muslimat NU Blitar (20/2/2012).

Sebagaimana lembaga pendidikan Muslimat pada umumnya, Play Group dan TK Al-Hidayah Muslimat ini berdomisili di tengah-tengah rumah penduduk di jalan KH Zaid Bakung Udanawu Blitar. Sarana dan prasarana pendidikan terbilang cukup lengkap dan memadai. Sekolah pendidikan anak usia dini yang pernah raih juara I Lomba Melukis Hari Anak Nasional (HAN) se-Propinsi Jawa Timur 2010 ini letaknya di jalan desa.

Bangunan sekolah menyatu dengan rumah ketua Yayasan Pendidikan Muslimat NU Desa Bakung, Ibu Fathurrahman. Selain terdapat 5 kelas, di lingkungan Play Group dan TK Al-Hidayah 2 ini juga terdapat sarana dan prasarana bermain, lapangan dan mushollah. Alat peremainan edukatif juga tak luput memenuhi aset sekolah.

“Dulu proses belajar mengajar hanya selesai pukul 10.00 WIB. Namun setelah proses akreditasi Play Group dan TK Al-Hidayah 2 ini rampung tahun 2002 silam, kami mengembangkan sistem belajar anak tidak hanya pada sisi kognitifnya semata. Kami memberi pelajaran tambahan,” ujar Kepala Sekolah yang pernah menyabet predikat sebagai Guru TK Teladan se-Kabupaten Blitar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan setempat pada tahun 2009 .

Pelajaran tambahan yang dimaksud Eriyanti meliputi antara lain privat membaca, tulis dan berhitung, privat membaca al-qur’an metode iqro, membaca dan menghafal doa-doa harian, asmaul husna, surat-surat pendek, bacaan shoplat, hadist-hadist kecil dan yang paling menyenangkan adalah makan bersama anak-anak dan guru. Semua kegiatan belajar-mengajar ini selesai pukul 12.00 WIB.

Meski pelajaran terlihat cukup padat, namun anak-anak ini terlihat ceria dan gembira berlarian ke sana-kemari. Mereka belajar sambil bermain. Dalam suasana bermain, anak-anak Play Group dan TK Al-Hidayah 2 Muslimat NU banyak mengukir prestasi.

Selama tiga tahun berturut-turut prestasi yang diraih antara lain Juara 1 Hari Anak Nasional tingkat Propinsi 2012, Juara 1 HAN tingkat Kabupaten 2009, Juara II Lomba Melukis Hari Kartini Se-Kabupaten Blitar 2008, Juara 1 Mencocok Mewarnai Se-Kabupaten Blitar 2007 dan juga meraih juara 1 Mewarnai Rekor MURI se-Kabupaten Blitar 2007. Teruslah berprestasi nak. ♦ sus

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super