Forum Komunikasi

PWMNU DIY: Ketahanan Keluarga Perlu Rambah Komunitas Bapak-bapak


FORUM KOMUNIKASI: Forkom PW Muslimat NU DI Yogyakarta digelar setiap tiga bulan sekali. | Foto: PWMNU DIY

MNU Online | BANTUL – Setiap tiga bulan sekali, PW Muslimat NU DI Yogyakarta menggelar Forum Komunikasi (Forkom) yang diikuti lima PCMNU se-DIY, yakni Kota Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunungkidul dan Kulonprogo.

27 Agustus lalu, kegiatan digelar di Pondok Pesantren Al Mahalli Brajan, Bantul. Tema yang dipilih: Ketahanan Keluarga adalah Pilar Ketahanan Nasional.

Dalam forum tersebut, selain membahas dan mengevaluasi program kerja PW Muslimat NU DIY, kali ini diisi dengan sosialisasi dan penguatan ketahanan keluarga.

(Baca: Peran Muslimat NU Dibutuhkan dalam Kemajuan Bangsa)

Dalam sambutannya, Ketua PW Muslimat NU DIY, Nyai Hj Dewi Malik menegaskan penguatan ketahanan keluarga diperlukan karena kondisi negara semakin digerogoti banyak kedaruratan. “Di antaranya darurat narkoba serta kekerasan terhadap perempuan dan anak,” katanya.

Sementara pemateri yang dihadirkan, yakni Dr Hj Seny Shaleh MPdI, konselor dan motivator khusus perempuan. Dalam pemaparannya, dia menuturkan bahwa penguatan keluarga dalam rangkaian Tri Pusat Pendidikan Keluarga perlu digalakkan.

“Tidak hanya melalui PKK dan organisasi wanita lainnya, tetapi perlu merambah ke komunitas bapak-bapak,” katanya yang diamini peserta Forkom.

(Baca: Muslimat NU Gunungkidul Rangkai Harlah dengan Pelantikan PAC)

Salah satu bentu penguatan, yakni melakukan gerakan pendampingan anak saat menonton televisi untuk mengantisipasi kekerasan terhadap anak.

“Sedangkan untuk merangsang keluarga bersih dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, perlu diadakan semacam angket keluarga atau lomba-lomba yang mendukung lainnya,” tandasnya.• retnoningsih

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super