Rahasia Umur Panjang Lansia Pulau Giliyang, Sehari Tiga Kali Shalat Berjamaah di Masjid

pamekasan-4

AKRAB: Ketum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa berbincang akrab dengan warganya yang berusia lanjut. | Foto: MNU Online

MNU Online | PAMEKASAN – Giliyang dikenal sebagai pulau dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania. Berkah dari Allah Swt ini membuat penduduknya disebut-sebut memiliki umur relatif panjang ketimbang mereka yang tinggal di pulau lain.

Pekan lalu, Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa memperingati Hari Lansia di pulau yang masuk wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur tersebut.

“Di pulau itu ada dua desa dan ibu-ibu yang berumur di atas 100 tahun ada 157 orang,” kata Khofifah menuturkan pengalamannya di hadapan ribuan warga PC Muslimat NU Pamekasan yang menghadiri Halal bi Halal dirangkai dengan Harlah ke-70 Muslimat NU serta Deklarasi Laskar Anti Narkoba, Jumat (29/7).

“Bahkan saya bertemu dengan seorang ibu yang berusia 150 tahun. Subhanallah, ibu-ibu yang berusia di atas 100 tahun itu nggak ada yang pakai tongkat.”

Apa rahasianya? “Saya bertemu keluarga yang lima generasi. Ternyata mereka yang berumur 115 tahun itu setiap hari tiga kali shalat berjamaah ke masjid. Setiap magrib, isya’ dan subuh mereka masih kuat ke masjid,” tuturnya.

pamekasan-6

DEKLARASI: Laskar Anti Narkoba dideklarasikan Muslimat NU di seluruh tingkatan. | Foto: MNU Online

Karena itu Khofifah berharap, di usia Muslimat NU yang ke-70, mudah-mudahan warganya tambah istiqomah dalam menjalankan shalat malam, puasa Senin-Kamis maupun tadarus.

“Mudah-mudahan Allah anugerahkan kita semua putra-putri yang saleh-salihah manfaat berkah. Allah anugerahkan rezeki yang luas, halalan toyyiban,” doanya.

Khofifah yang menjabat Menteri Sosial RI itu juga mengajak kepala daerah dan elemen masyarakat lainnya untuk terus berikhtiar dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat Pamekasan.

“Kita lakukan pemetaan karena di Kemensos cukup banyak program untuk usaha ekonomi produktif dan kelompok usaha bersama. Kita ikhtiarkan untuk meningkatkan kesejahteraan kita semua, warga Pamekasan dan seluruh warga Muslimat NU,” tandasnya. ♦ nur

Baca juga

BERPULANG: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim wafat) di Jakarta, Kamis (8/3). | Foto: NU Online

Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, Mantan Ketum PP Muslimat NU Wafat

MNU Online | JAKARTA – Tepat di Hari Perempuan Internasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat …

Watch Dragon ball super