Ramadhan Momentum Menambah ‘Saldo’ Pahala

Oleh : Khofifah Indar Parawansa

BULAN Ramadhan adalah peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah ‘rekening’ pahala. Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi dikatakan, bahwa amalan sunnah pada bulan Ramadhan bernilai seperti amalan wajib dan amalan wajib senilai 70 amalan wajib di luar Ramadhan.

Maka bulan Ramadhan adalah peluang untuk berbuat kebaikan, sekecil apapun kebaikan itu agar ‘saldo’ kebaikan kita terus bertambah. Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda :

“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa.”

Karena banyaknya berkah pada bulan Ramadhan, Rasululah menganjurkan kepada umat Islam untuk memperbanyak. Diantara amalan yang dianjurkan adalah:

Pertama, membaca Al-Qur`an. Memperbanyak bacaan Al-Quran lebih dianjurkan pada bulan Ramadhan, karena pada bulan itulah diturunkan Al-Qur`an. Rasulullah sendiri selalu memperbanyak membaca Al-Qur`an di bulan Ramadhan, seperti diceritakan dalam Aisyah. Ia berkata: “Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah membaca Al-Qur`an semuanya, sembahyang sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan.”

Kedua, Shalat Tarawih. Shalat Tarawih menjadi amalan umat Islam di bulan Ramadhan berdasarkan cerita Aisyah. Sesungguhnya Rasulullah keluar pada waktu tengah malam, lalu beliau shalat di masjid, dan beberapa orang ikut shalat bersama beliau. Pada pagi harinya, orang-orang memperbincangkan shalat yang dijalankan Rasulullah tersebut.

Selanjutnya, ketika Nabi mengerjakan shalat pada malam kedua, orang yang ikut shalat bersama beliau semakin banyak. Lalu, pada pagi harinya, orang-orang kembali memperbincangkan amalan Rasulullah tersebut.

Kemudian pada malam ketiga, jamaah yang di dalam masjid ternyata semakin bertambah banyak. Pada malam keempat, masjid tidak mampu lagi menampung jamaah.

Usai shalat Subuh, beliau menghadap kepada jamaah kaum muslimin, kemudian membaca syahadat dan bersabda, ‘Sesungguhnya kedudukan kalian tidaklah samar bagiku, aku merasa khawatir ibadah ini diwajibkan kepada kalian, lalu kalian tidak sanggup melaksanakannya.”

Ketiga, menghidupkan malam-malam Lailatul Qadar. Lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Menurut pendapat para ulama, lailatul qadar terjadi di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan Lailatul qadar, diantaranya dengan memperbanyak shalat malam, membaca al-Qur`an, zikir, dan berdoa.

Keempat, I’tikaf di malam-malam Lailatul Qadar. I’tikaf dalam bahasa adalah berdiam diri atau menahan diri pada suatu tempat. Sedang dalam istilah syar’i, i’tikaf berarti berdiam di masjid untuk beribadah kepada Allah dengan cara tertentu sebagaimana telah diatur oleh syari’at.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan lailatul qadar, di antaranya dengan memperbanyak shalat malam, membaca al-Qur`an, zikir, dan berdoa.

I’tikaf merupakan salah satu sunnah yang tidak pernah ditinggal oleh Rasulullah, seperti yang diceritakan oleh Aisyah : “Sesungguhnya Nabi selalu i’tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sampai meninggal dunia, kemudian istri-istri beliau beri’tikaf sesudah beliau.”

Kelima, memperbanyak sedekah. Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan”. Pada akhir bulan Ramadhan Allah mewajibkan kepada setiap muslim untuk mengeluarkan zakat fitrah sebagai penyempurna puasa.

Demikian beberapa amalan yang dicontohkan Rasululllah pada bulan Ramadhan ini. Semoga kita termasuk di antara orang-orang yang mendapat gelar Muttaqin sebagaimana tujuan diwajibkannya ibadah puasa di bulan Ramadhan. ♦

Baca juga

Surga dalam Persepsi Manusia

Oleh: Dra Hj Mursyidah Thahir MA | Ketua III PP Muslimat NU SETIAP umat apapun …

Watch Dragon ball super