Ratusan Pelajar dan Muslimat NU Pawai Suroan

MNU Online | KEDIRI – Datangnya bulan muharam disambut ratusan pelajar setingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta muslimat Nadatul Ulama (NU) di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri dengan suka cita. Mereka menggelar pawai keliling menggunakan kendaraan tua mulai dari, kereta kelinci, mobil pick up butut hingga sepeda motor.

Mutoin (32), salah seorang guru TK Kusuma Mulia Desa Mlati, Kecamatan Mojo mengungkapkan, ada 46 lembaga TK, 23 MI dan ratusan muslimat yang mengikuti kegiatan tersebut. Start dan finish kegiatan berada di Kecamatan Mojo, menempuh jarak kurang lebih 25 kilometer.

“Rute yang ditempuh sekitar 25 kilometer. Mulai dari Kecamatan Mojo ke selatan hingga Desa Ngadi, perbatasan dengan Kabupaten Tulungagung. Kemudian berputar balik sampai ke Desa Petok, perbatasan Kecaman Semen. Setelah itu kembali ke lokasi start,” ungkapnya, Senin (28/11).

 

Yang menarik dari kegiatan ini, mayoritas kendaraan yang dimanfaatkan sudah tua, dan dipercantik dengan berbagai hiasan. Mulai dari kertas warna-warni, sepanduk, hingga kain selendang untuk membungkus bodi kendaraan. Kemudian, bagian atas kendaraan dilengkapi dengan atap untuk menghalangi sinar matahari secara langsung.

“Jumlah pesertanya lebih dari 200 orang. Tujuan dari kegiatan ini adalah menyemarakkan peringatan datangnya bulan muharam atau istilah jawa suroan. Ini rutin dilaksanakan setiap tahun,” terangnya.

Pawai pelajar dan muslimat tersebut juga memperoleh kawalan ketat dari kepolisian. Petugas berjaga-jaga di sejumlah titik untuk mengatur arus lalu-lintas agar tidak macet. Mengingat jalur yang dipergunakan adalah jalur alternatif penghubung wilayah Kediri-Kabupaten Tulungagung yang relatif padat.

Bintang Rahmanda Surya Syah Putra (5), salah seorang siswa TK Kusuma Mulia Mlati mengaku, sangat senang mengikuti kegiatan itu. Kendati dalam kondisi sakit, tetapi dia memaksakan ikut karena ingin bersenang-senang bersama temannya.♦ btm/mil

Baca juga

Muslimat NU Kota Kediri Sambut Antusias Pelatihan Kebencanaan

MNU Online | KEDIRI – 100 anggota Muslimat NU Kota Kediri mengikuti kegiatan Penyebaran Informasi …

Watch Dragon ball super