Ribuan Siswa PAUD Ikuti Program Latihan Manasik Haji

MNU Online | BREBES – Ribuan siswa dan siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau TK/RA se Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu 27 Februari 2011 pagi, melakukan manasik haji di halaman Islamic Center Brebes. Mereka yang berasal dari 40 lebih PAUD se wilayah Kabupaten Brebes, datang berombongan dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Wahyuni (31), seorang wali murid dari Desa Larangan, mengatakan bahwa anaknya Khaerul Aziz Isantoro (5) dari TK Masitoh Larangan, sengaja mengikuti program sekolah terkait latihan haji bertujuan agar anaknya mengerti dan memahami rukun Islam dan kewajibannya sebagai orang muslim.

“Kami senang dengan program ini, karena melatih anak mengenal Tuhan dan kewajibannya sebagai anak muslim,” ujar Yuni. Latihan haji, kata Yuni, juga bertujuan melatih anak untuk bersabar dan tekun dalam melakukan kewajibannya menjalankan rukun iman dan rukun islam.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Cabang Muslimat NU Kabupaten Brebes, berjalan sejak pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Anak-anak itu melakukan ritual manasik haji secara berurutan dari wukuf di Arofah, dilanjutkan dengan Mabith di Musdalifah dan lempar jumroh. Usai itu, melakukan Thowaf, Sai dan Tahalul.

Ketua Pengurus Cabang (PC) Muslimat NU, Dra Hj Nurhalimah di sela kegiatan berharap lewat manasik haji, anak-anak bisa merekamnya dan terpatri. Sebab masa kecil merupakan usia keemasan alias Golden Age. “Apapun yang dilakukan siswa pada masa kanak-kanak akan terpatri, termasuk kegiatan manasik ini,” ujarnya.

Nurhaliman menjelaskan, kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Pekan Maulud dan peringatan Hari Lahir ke-65 Muslimat NU tahun 2011. Sebanyak 40 TK dan RA di bawah naungan Muslimat NU di wilayah Brebes bagian utara berpartisipasi dalam manasik haji yang digelar tiap tahun ini. “Untuk wilayah Brebes bagian selatan juga kami gelar di Bumiayu,” terangnya. ♦ pra/mil

Baca juga

WAKAF DAN HIBAH: Seminar tentang nadzir dan keterkaitannya dengan wakaf serta hibah. | Foto: PWMNU Semarang

Nadzir Tonggak Utama dalam Pengelolaan Wakaf dan Hibah

MNU Online | SEMARANG – PW Muslimat NU Jawa Tengah, dalam rangka Harlah ke-72 Muslimat …

Watch Dragon ball super