Workshop

Siapkan Generasi Emas Indonesia, Muslimat NU Pacu Kualitas PAUD


PENINGKATAN KUALITAS PAUD: Workshop meningkatkan kualitas PAUD hasil kerjasama PP Muslimat NU dengan Direktorat Pembinaan PAUD Kemendikbud RI di Gedung BKM Jawa Barat, Sabtu (16/9). | Foto: MNU Online

MNU Online | BANDUNG – Di 2045 nanti Indonesia memasuki usia satu abad (100 tahun). Saat itulah, anak-anak yang sekarang belajar di PAUD akan menjadi penentu republik ini. Karena itu, kualitas pendidikan PAUD hari ini akan sangat menentukan masa depan Indonesia.

Langkah 28 tahun ke depan tersebut bahkan sudah dipikirkan Muslimat NU di bawah kepemimpinan Dra Nyai Hj Khofifah Indar Parawansa MSi dengan menyiapkan “generasi emas” Indonesia. Salah satunya melakukan kerjasama dengan Direktorat Pembinaan PAUD Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

(Baca: Beri Penguatan, Muslimat NU Sulsel Sambangi Pengungsi Rohingya di Makassar)

Sedangkan wujud peningkatkan kualitas PAUD, di antaranya menggelar workshop bertema “Peningkatan Mutu Kelembagaan dan Pengelolaan PAUD Berkualitas Muslimat NU” di Gedung BKM Jawa Barat, Sabtu (16/9).

Acara diikuti ratusan peserta dari 14 kabupaten/kota se-Jawa Barat, terdiri dari pengurus PC Muslimat, bunda PAUD terpilih se-Jabar serta para pengelola PAUD di lingkungan Muslimat NU. Sedangkan narasumber yang dihadirkan yakni Direktur Pembinaan PAUD Kemendikbud RI, R Ella Yulaelawati R MA PhD.

Kado Seabad RI


SIAPKAN GENERASI EMAS: Muslimat NU tengah menyiapkan generasi emas Indonesia sekaligus menjadi kado seabad RI pada 2045. | Foto: MNU Online

Dalam penyampaian materinya, Ella menuturkan PAUD adalah investasi penting untuk meyongsong generasi emas Indonesia. “Anak-anak yang belajar di PAUD sekarang, pada saat HUT RI ke-100 akan berperan penting,” ujar Ella seperti dikutip dari situs resmi NU Jabar.

“Diharapkan mereka akan menjadi kado terbaik saat kita bangsa Indonesia memperingati seabad Kemerdekaan RI,” tambahnya.

Ella juga mengingatkan agar para pengelola PAUD di lingkungan Muslimat NU benar-benar memahami materi kurikulum, metode, dan manajemen pengelolaan PUAD berkualitas, agar target generasi emas Indonesia dapat tercapai.

(Baca: PWMNU DIY: Ketahanan Keluarga Perlu Rambah Komunitas Bapak-bapak)

Sementara Sekretaris Koordinator Bidang Pendidikan PP Muslimat NU, Hj Dr Zahrotun Nihayah menambahkan bahwa Muslimat NU menaruh perhatian penuh pada pendidikan usia dini.

Dengan jumlah lembaga yang banyak, Muslimat NU dapat memberikan kontribusi nyata dalam penguatan pendidikan karakter. Di Jawa Barat saja terdapat 1.420 TK/RA/PAUD.

“PP Muslimat akan terus menyempurnakan kurikulum PAUD, termasuk materi Aswaja yang harus masuk di dalamnya. Begitu pula standar manajeman pengelolaan PAUD akan terus ditingkatkan,” tandas Zahrotun.• red

Baca juga

PENGUATAN MAJELIS TAKLIM: Workshop Bidang Ekonomi dan Koperasi Muslimat NU di Gedung PBNU, Rabu (7/11). | Foto: MNU Online

Hindari Rentenir, Muslimat NU Perkuat Majelis Taklim dengan Koperasi

MNU Online | JAKARTA – Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Muslimat NU akan membantu membuatkan koperasi …

Watch Dragon ball super