Home » WARTA »


Sumber Daya Alam Indonesia Salah Urus


kipLAMONGAN
-Ketua Umum Pimpinan Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menilai Indonesia salah urus, sehingga salah urus sehingga kekeyaan alam Indonesia belum mampu mensejahterakan rakyat.

“Indonesia ini aneh yang punya anak ajaib, jadi aneh bin ajaib, kekeyaan alamnya luar biasa, tapi rakyatnya miskin,” kata Khofifah dalam pengajian akbar petik laut nelayan Desa Blimbing, Paciran, Lamongan, Minggu malam (19/2).

Menurutnya, secara keseluruhan, Indonesia punya kekayaan alam yang luar biasa. Potensi tersebut bahkan diakui oleh dunia internasional. Sayangnya, kesalahan dalam pengelolaan, kekayaan itu belum berdampak positif bagi kehidupan masyarakat.

“Mohon maaf, terus terang hasil kekayaan alam itu baru masuk ke kantong pejabatnya,” kata mantan menteri pemberdayaan perempuan dan kepala BKKBN ini.


Khofifah mencontohkan Papua yang punya gunung emas PT Freepot. Hasil kekayaan alam itu, sampai sekarang belum mengalir ke rakyat, sehingga kesejahteraan yang jadi cita-cita bersama rakyat Papua baru sebatas mimpi. Justru, karena ketidakadilan yang terjadi, Papua terus bergolak.

“Saya sudah pernah datang ke gunung emas itu. Kekeyaannya luar biasa, tapi Kabupaten Timika masih termasuk daerah tertinggal,” tuturnya mantan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Selanjutnya, lanjut Khofifah, Nusa Tengara Barat juga punya kekayaan alam yang sangat besar, yaitu minyak. Sayangnyan, sama seperti Papua, masyarakat Nusa Tengara Barat, juga belum mendapat manfaat banyak dari kekayaan alam yang ada.

“Jawa Timur ini juga kaya. Bojonegoro, apalagi Cepu juga punya sumber minyak. Gresik juga bagitu, kok aneh rakyatnya belum sejahtera. Ini namanya aneh bin ajaib. Itu semua karena kebijakan yang tidak pro rakyat,” jelas Khofifah yang namanya belakangan disebut-sebut masuk bursa pilpres 2014 oleh sejumlah Parpol.

Khofifah yang kerap keliling dunia lantas membandingkan Indonesia dengan negara di Timur Tengah, Kuwait. Sama dengan Indonesia, Kuwait punya kekayaan alam berupa sumber minyak. Bedanya, Kuwait bisa mensejahterakan rakyat dengan penghasilan minyaknya.

“Padahal para ahli perminyakan Kuwait banyak orang Indonesia,” tutur Khofifah yang kini menjabat Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dan Presiden Koperasi Asia Pasifik ini.mil

Baca juga

BERPULANG: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim wafat) di Jakarta, Kamis (8/3). | Foto: NU Online

Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, Mantan Ketum PP Muslimat NU Wafat

MNU Online | JAKARTA – Tepat di Hari Perempuan Internasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat …

Watch Dragon ball super