Gerakan Tanam Cabai

Tak Sekadar Terima Bibit Cabai, Muslimat NU Sumbar juga Gelar Pelatihan


PELATIHAN: PW Muslimat NU Sumatera Barat, bekali ibu-ibu dengan pengetahuan tentang pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan berbagai tanaman buah dan sayur. | Foto: PWMNU Sumbar

MNU Online | PADANG – Mendukung program pemerintah lewat gerakan menanam sayur-sayuran, Muslimat NU tak sekadar menerima batuan dan menyalurkan bibit cabai. Lebih dari itu, hampir di seluruh tingkatan pimpinan juga menggelar pelatihan.

PW Muslimat NU Sumatera Barat (Sumbar), misalnya, menggelar Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan dengan narasumber dari Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Provinsi Sumbar serta Dinas Kelautan dan Perikanan.

Pelatihan ini sekaligus menjadi rangkaian Harlah ke-71 Muslimat NU yang digelar di Aula SMK Pertanian Lubuk Minturun, Kota Tengah, Padang, Senin (24/4) lalu.

(Baca: Kemenkop UKM: Digarap dengan Benar, Inkopan Bisa Jadi Kekuatan Besar)

Lewat pelatihan ini, ibu-ibu dibekali pengetahuan tentang pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan berbagai tanaman buah dan sayur.

“Dengan menanam berbagai tanaman hortikultura seperti cabai, terung, sayur dan buah-buahan, ibu-ibu dapat menghemat pengeluaran keluarga. Pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian keluarga,” kata Ir Yustiadi, narasumber dari Balai Diklat Pertanian.

Pelatihan pemanfaatan pekarangan diikuti dengan teknik budi daya tanaman sayuran dan buah skala rumah tangga. Selain itu, diikuti pula pelatihan budi daya ikan di lahan sempit dengan menggunakan terpal.

Aula SMK Pertanian Lubuk Minturun menjadi tempat strategis untuk pelatihan. Ibu-ibu dapat melihat langsung proses penyemaian di luar aula yang berdekatan dengan Balai Benih Induk tanaman hortikultura.

(Baca: Bentengi Aswaja, Warga Muslimat NU Karanganyar Dirikan Masjid)

Dalam acara ini juga diserahkan bantuan bibit cabai dari Kementerian Pertanian untuk PC Muslimat NU se-Sumbar oleh Staf Ahli Gubernur Sumbar, Djefrinal Arifin SP MSi.

Djefrinal tak lupa menyampaikan pesan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno agar ibu-ibu dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk pemenuhan ketahanan pangan bagi keluarga.

Sementara itu Ketua PW Muslimat NU Sumbar, Hj Riska Eka Putri SPi MSi menuturkan pihaknya menerima bibit cabai sebanyak 30 ribu serta 5.000 polybag.

“Kami berharap ibu-ibu dapat memanfaatkan bantuan bibit cabai ini untuk meningkatkan ketersediaan pangan bagi keluarga,” katanya, sembari menambahkan selain bibit cabai Muslimat NU dapat mengusulkan pengadaan bibit ikan untuk kolam terpal bundar.• nur

Baca juga

GEBYAR SHALAWAT: Muslimat NU Klaten memperingati Hari Santri Nasional dengan mengadakan kegiatan Gebyar Shalawat Lomba Hadrah, Minggu (7/10). | Foto: PCMNU Katen

Muslimat NU Klaten Gebyar Shalawat Bareng 20 Anak Cabang

MNU Online | KLATEN – Memperingati Hari Santri Nasional, PC Muslimat NU Kabupaten Klaten, Jawa …

Watch Dragon ball super