Bidang Tenaga Kerja

Tantangan Ekonomi Digital, Muslimat NU Gelar Pelatihan Bisnis Startup

<br /> PELATIHAN STARTUP: Bidang Tenaga Kerja PP Muslimat NU menggelar pelatihan startup di Al Nahdlah Islamic Boarding School, Depok, Jabar, Rabu (24/10). | Foto: MNU Online

PELATIHAN STARTUP: Bidang Tenaga Kerja PP Muslimat NU menggelar pelatihan bisnis startup di Al Nahdlah Islamic Boarding School, Depok, Jabar, Rabu (24/10). | Foto: MNU Online

MNU Online | DEPOK – Muslimat NU kian fokus menghadapi tantangan ekonomi digital. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni memperbanyak pelatihan untuk menciptakan pelaku startup andal di kalangan ibu-ibu dan remaja perempuan.

Rabu (24/10) lalu, misalnya. Bidang Tenaga Kerja PP Muslimat NU menggelar pelatihan teknik fotografi sebagai startup bisnis online di Aula Al Nahdlah Islamic Boarding School, Depok, Jawa Barat.

“Semoga sepulang dari pelatihan ini, peserta yang telah mempunyai rencana untuk membangun bisnis, agar terdorong berupaya merealisasikan rencananya,” kata Ketua Bidang Tenaga Kerja PP Muslimat NU, Hj Ariza Agustina SE MSi.

(Baca: Cegah TPPO, 3 Hari Muslimat NU Gelar Sosialisasi di Purwokerto)

Pelatihan ini, tutur Ariza, merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan minat wirausaha masyarakat Indonesia pada umumnya. Peserta diharapkan memiliki keterampilan untuk membuat foto produk yang dapat menjadi sarana promosi.

Selain itu, peserta dilatih untuk dapat menggunakan fasilitas media sosial, agar foto-foto produk yang dihasilkan dapat dipublikasi secara luas. “Ini sebagai bagian dari upaya pemasaran yang dapat diselenggarakan secara mandiri atau berkelompok,” ucapnya.

Ariza berharap, mudah-mudahan lebih dari lima persen peserta pelatihan dalam waktu dekat akan berupaya merealiasikan harapan dan rencananya untuk menjadi para startup andal.

(Baca: Ketua Periodik III: Muslimat NU dalam Posisi Kuat secara Politik dan Sosial)

Karena itu, Azza minta peserta harus optimistis dalam mewujudkan rencananya. Sebab, optimisme merupakan salah satu kata kunci untuk suatu kesuksesan, termasuk dalam bisnis startup.

“Optimisme adalah keyakinan yang membawa kita pada suatu pencapaian, karena tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan percaya diri,” pungkasnya.• azzah

Baca juga

PENGUATAN MAJELIS TAKLIM: Workshop Bidang Ekonomi dan Koperasi Muslimat NU di Gedung PBNU, Rabu (7/11). | Foto: MNU Online

Hindari Rentenir, Muslimat NU Perkuat Majelis Taklim dengan Koperasi

MNU Online | JAKARTA – Induk Koperasi An-Nisa (Inkopan) Muslimat NU akan membantu membuatkan koperasi …

Watch Dragon ball super