Imtihan Seabad Ponpes Sukamiskin

Teladani Ulama, Peran Besar Pesantren Perlu Dikabarkan


HADIRI IMTIHAN: Ditemani Ketua PWMNU Jabar Hj Ella M Girikomala (kanan), Ketum Hj Khofifah IP duduk ‘lesehan’ bersama jamaah Muslimat NU dalam acara Imtihan Satu Abad Ponpes Sukamiskin. | Foto: MNU Online

MNU Online | BANDUNG – Peran besar ulama dan Pondok Pesantren (Ponpes) perlu dipublikasikan agar bisa diteladani anak bangsa, baik generasi sekarang maupun yang akan datang. Satu di antara cara yakni mengabarkan keteladanan para ulama dengan benar.

“Hari ini kita butuh referensi keteladanan dan hal itu bisa diketahui jika ada yang menulis dan menyampaikan. Maka peran besar pesantren lebih bisa dipublikasikan agar keteladanan ulama bisa ditiru oleh anak bangsa,” kata Ketua Umum PP Muslimat NU, Dra Nyai Hj Khofifah Indar Parawansa MSi.

(Baca: Jaga Ketenangan Bangsa, Khofifah Shalawat Bersama Ratusan Ribu Jamaah)

Ajakan Khofifah itu disampaikan saat menghadiri Imtihan Satu Abad Pondok Pesantren (Ponpes) Sukamiskin Bandung dan Haul Akbar Pendiri Ponpes, Minggu (21/5). Hadir dalam acara tersebut ribuan santri dan warga sekitar pesantren. Sejumlah tokoh, kiai dan pejabat juga hadir, termasuk Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga mengajak alumni dan santri agar bisa meneruskan perjuangan para pendiri Ponpes. Sebab, muassis Ponpes mempunyai peran besar dalam penyiapan kemerdekaan RI mengingat usia Ponpes lebih tua dibanding usia kemerdekaan RI.

(Baca: Ultah ke-52, Khofifah Didoakan Ratusan Ribu Jamaah dan Kejutan di Bandara)

Bagi Khofifah, Ponpes menjadi bagian penting karena di situlah proses tarbiyah bisa dilaksanakan sehari-hari. Bahkan hal itu belum tentu secara kontinyu bisa dilaksanakan di sekolah, keluarga maupun lingkungan sekitar.

Selain itu, Khofifah menegaskan pentingnya membangun ukhuwah islamiyah, insaniyah dan wathoniyah. “Kalau kita saling percaya, maka akan saling memahami dan selanjutnya muncul respek,” katanya.• jey

Baca juga

PENCEGAHAN TPPO: Sosialisasi pendidikan pencegahan tindak pidana perdagangan orang di Purwokerto, Jawa Tengah. | Foto: MNU Online

Cegah TPPO, 3 Hari Muslimat NU Gelar Sosialisasi di Purwokerto

MNU Online | PURWOKERTO – Selama tiga hari, 12-14 September 2018, Pimpinan Pusat (PP) Muslimat …

Watch Dragon ball super