Pelatihan Manajemen Koperasi

Wujudkan Dakwah bil Mal dengan Perkuat Ekonomi Muslimat NU


PERKUAT KOPERASI: Perwakilan pengurus Primkopan se-Jawa Tengah mengikuti pelatihan manajemen organisasi dan pengelolaan koperasi, 10-13 Oktober 2017. | Foto: MNU Online

MNU Online | SEMARANG – Mewujudkan dakwah bil mal menjadi salah satu materi yang disampaikan dalam Pelatihan Manajemen Organisasi dan Pengelolaan Koperasi di Hotel Pandanaran, Semarang, 10-13 Oktober.

Penyampai materi dakwah bil mal, Dra Nyai Hj Siti Aniroh Slamet Effendy menuturkan, materi ini dibuat karena di internal Muslimat NU ‘jiwa sosial’ yang terbangun masih lebih dominan dibanding ‘jiwa ekonomi’. Padahal yang dibutuhkan adalah keseimbangan.

“Tinjauan ekonomi juga penting, karena kalau mau amal kan harus pakai uang,” terang perempuan yang juga Ketua I Inkopan Muslimat NU serta Ketua IV PP Muslimat NU tersebut, Kamis (12/10).

(Baca: Pengurus Primkopan se-Jateng Digembleng Soal Manajemen Koperasi)

Jadi, menurut Siti Aniroh, perlu ada keseimbangan antara dakwah bil hal, bil mal serta dakwah lainnya. Ini sekaligus untuk mendorong penguatan ekonomi jamiyah maupun pribadi anggota Muslimat NU.

“Lewat dakwah bil mal, Muslimat NU akan memikirkan kegiatan ekonomi untuk penguatan organisasi. Apakah itu Muslimatnya, koperasinya ataukah individu anggota koperasi,” paparnya.


JAGA KEKOMPAKAN: Hj Siti Aniroh dan narasumber lainnya serta sejumlah peserta pelatihan foto bersama untuk menjaga semangat dan kekompakan. | Foto: MNU Online

“Ini juga sesuai dengan penekanan dari Ibu Ketua Umum (Dra Nyai Hj Khofifah Indar Parawansa MSi) agar lebih memperkuat dakwah bil mal untuk membangkitkan kegiatan ekonomi di lingkungan Muslimat NU.”

(Baca: RATTB 2015 Inkopan, Khofifah Ajak Pedagang Muslimat NU Bangkit)

Seperti diberitakan, pelatihan hasil kerjasama Muslimat NU dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) ini diikuti 36 peserta dari perwakilan pengurus Primer Koperasi An-Nisa (Primkopan) se-Jawa Tengah.

Ada sembilan materi yang disampaikan dalam pelatihan ini. Tujuh materi di antaranya terkait pengelolaan koperasi secara global, sedangkan dua materi lainnya terkait kemuslimatan.• novia rifada

Baca juga

BERPULANG: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim wafat) di Jakarta, Kamis (8/3). | Foto: NU Online

Nyai Aisyah Hamid Baidlowi, Mantan Ketum PP Muslimat NU Wafat

MNU Online | JAKARTA – Tepat di Hari Perempuan Internasional, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat …

Watch Dragon ball super