Bantuan Alat Pertanian

Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga, PWMNU Kaltara Salurkan Bantuan Alsintan


PENYERAHAN ALSINTAN: Pengurus PW Muslimat NU Kalimantan Utara menyerahkan bantuan alsintan berupa satu unit handtractor kepada Gapoktan Manunggal. | Foto: PWMNU Kaltara

MNU Online | BULUNGAN – Kepedulian terhadap petani sawah, sekaligus upaya mewujudkan ketahanan pangan keluarga,  ditunjukkan PW Muslimat NU Kalimantan Utara (Kaltara) dengan menyalurkan bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian) berupa satu  unit handtractor.

Alsintan tersebut diserahkan kepada Gapoktan (gabungan kelompok tani) Manunggal Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Kaltara di kantor Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bulungan, Selasa (1/8). Penyerahan disaksikan Kadistan, Ir H M Iqbal yang turut menandatangani BAST (Berita Acara Serah Terima).

“Bantuan ini adalah salah satu bentuk kepedulian Muslimat NU terhadap petani sawah, untuk meringankan beban mereka dalam menggarap sawah,” kata Ketua PW Muslimat NU Kaltara, Hj Sumiati Imransyah.

(Baca: Baksos di Rumah Sakit, Muslimat NU Kaltara Jumpai Anak Kurang Gizi)

Lewat bantuan alsintan ini, diharapkan produksi maupun kesejahteraan petani menjadi meningkat. “Manfaatkan alsintan ini secara baik dengan rasa memiliki. Dengan begitu ada kepedulian untuk memelihara dan merawat handtractor dengan baik agar tidak cepat rusak,” haranya.

Handtractor ini, lanjut Sumiati, adalah milik bersama. “Apabila ada anggota yang ingin meminjam tolong dipinjamkan dan diatur yang baik. Jangan sampai hanya satu orang yang menguasai,” pintanya.

Acungan Jempol


BERITA ACARA: Penandatanganan berita acara serah terima penyerahkan bantuan alsintan dari PW Muslimat NU Kaltara kepada Gapoktan Manunggal. | Foto: PWMNU Kaltara

Sementara dalam sambutannya, Kadistan  Kabupaten Bulungan, Ir H M Iqbal menyampaikan terima kasih dan memberi acungan jempol atas kepedulian PW Muslimat NU Kaltara.

“Muslimat NU organisasi perempuan pertama yang perduli terhadap para petani dengan memberikan bantuan alsintan. Ini untuk mewujudkan ketahanan pangan dalam keluarga yang perlu dukungan semua pihak,” katanya.

Handtractor ini, kata Iqbal, sebagai ‘pancingan’ awal untuk selanjutnya pihaknya siap bekerjasama dengan Muslimat NU dalam memberikan dan menyalurkan bantuan yang dibutuhkan petani, misalnya mesin perontok padi.

(Baca: Baru Berusia 358 Hari, Semangat Berorganisasi Muslimat NU Kaltara Patut Dipuji)

“Kepada Gapoktan yang menerima bantuan harus mensyukuri atas bantuan yang diberikan Muslimat NU,” katanya, seraya berharap agar bantuan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok tani.

Sedangkan pihak Gapoktan Manunggal yang diwakili Warjono, menyampaikan terima kasihnya.

“Kami sangat senang sekali. Ini merupakan hadiah paling berharga buat kami karena yang memberi adalah ibu-ibu Muslimat NU. Tentunya, ini juga akan menambah semangat kami dalam bekerja menggarap sawah,” paparnya.• nur

Baca juga

Beri Penguatan, Muslimat NU Sulsel Sambangi Pengungsi Rohingya di Makassar

MNU Online | MAKASSAR – Di tengah sorotan dunia tertuju ke Myanmar terkait tragedi kemanusiaan …

Watch Dragon ball super